Tips Jalan-Jalan Aman Untuk Seorang Wanita

Tips Jalan-Jalan Aman Untuk Seorang Wanita

Tips Jalan-Jalan Aman Untuk Seorang Wanita

Apakah aman bila wanita traveling tanpa ada didampingi lelaki? Dalam hal semacam ini si wanita mungkin traveling sendirian ataupun berdua dengan rekan wanita atau dalam grup yang berisi wanita semuanya. Dasarnya tak ada lelaki yang konon tuturnya pelindung wanita. Sesungguhnya mungkin saja peranan lelaki waktu traveling tidak cuma membuat perlindungan waktu ada bahaya, tetapi juga tuturnya lelaki semakin bagus dalam tujuan jalan & baca peta hingga tidak sering tersesat. Tuturnya loh…. belum juga pasti berlaku untuk tiap-tiap orang 😉

Tetapi bersamaan dengan emansipasi wanita, kata siapa wanita tidak dapat aman melancong tanpa ada lelaki? Kami cobalah kumpulkan panduan traveling aman untuk wanita dari beberapa wanita yang menyukai traveling. Semoga bisa memberi semangat untuk beberapa wanita yang ingin menekuni didunia traveling tanpa ada butuh senantiasa memercayakan lelaki. Bagaimana langkahnya kita jadi prediksi parlay wanita dapat berdiri sendiri serta melindungi diri waktu traveling? Yuk simak Panduan Traveling untuk Wanita dari beberapa woman travelers di bawah ini!

Bawa Senjata

Tujuannya bukanlah pistol atau senjata api yang lain. Saya senantiasa bawa pepper spray atau pisau lipat kecil tiap-tiap traveling ke tempat/negara yg tuturnya gak aman (spt Amerika Latin), atau waktu pergi malam hari, atau kapan serta di manapun waktu terasa perlu perlindungan. Walau pada akhirnya tidak sempat terpakai – amit2 janganlah sampai – tapi dengan mengantonginya saja dengan psikologis telah buat kita lebih yakin diri serta berani. Asal diingat saja jika naik pesawat janganlah dibawa ke kabin karna tentu di ambil petugas.

Hati-hati keluar pada malam hari

Panduan dari kita sich jika hanya cewek-cewek, hati-hati jika aktivitas yang dikerjakan ketika malam hari. Bila di negara-negara spesifik, keluar malam memanglah gak bermasalah seperti di Singapura. Tapi, ada tujuan spesifik yang mungkin saja kurang aman buat cewek keluyuran pada malam hari, seperti di negera-negara Timur Tengah. Jadi, pada saat beli ticket (bus, pesawa, kereta, feri), pertimbangkan saat tiba di tujuan. Jikalau ingin keluar malam, yakinkan kondisi aman, ajak rekan cowok, atau ajak rekan lokal. Gak butuh takut keluar malam, tapi siaga bisa loh.

Senantiasa pakai common sense

Berarti apa? Ya pakai akal sehat saja. Umpamanya, janganlah mencari problem dengan jalan sendirian larut malam di jalan kecil yang terilhat gelap atau sepi. Senantiasa upayakan untuk ada di keramaian, ditempat yang jelas serta beberapa orang. Janganlah meladeni beberapa orang yang sok akrab ngajakin bercakap meskipun orangnya tampak baik. You never know, right? Jika ketemu yang begini, menghindar saja dengan halus. Aspek keamanan biasanya berlaku universal, walau tidak selamanya sama ‘aturan main’ di satu tempat dengan ditempat yang beda.

Bekali diri dengan info

Saya yaitu seseorang flashpacker yang suka berpetualang, baik itu melancong sendirian, dengan pasangan, rekan-rekan baru, bebrapa teman dekat atau keluarga dekat. Satu panduan yang saya anjurkan dalam melancong untuk wanita yaitu, bekali diri kita dengan semuanya info lokasi maksud wisata. Dari mulai info penginapan, transportasi, makanan & minuman, rekan-rekan atau saudara-saudara yang tinggal di lokasi sekitaran, termasuk juga info tentang rumah sakit, kantor polisi, KBRI sampai rute perjalanan yang juga akan kita lewati.

Hingga jika umpamanya diperjalanan ada masalah atau problem, dapat di antisipasi terlebih dulu serta dapat dihadapi dengan tenang dalam memecahkan masalah nya, karna info yang kita sediakan tentang perjalanan kita telah komplit. Happy flashpacking!

Jika jalan, gunakan muka pede

Waktu traveling sendirian, terlebih untuk wanita, perlu banget nih selalu untuk gunakan muka percaya diri dimanapun kita pergi. Walau nyasar atau bingung, janganlah perlihatkan muka bingung atau takut. Senantiasa jalan dengan muka penuh yakin diri. Ditanggung tidak akan digangguin orang.

Demikian sebaliknya, bila kita tunjukkan muka bingung/takut, itu juga akan jadi tujuan empuk untuk beberapa orang iseng ataupun orang yang punya niat jahat. Ketauan banget jika kita itu turis!

Saya senantiasa traveling sendirian serta selama ini belum juga sempat diganggu orang. Sempat satu hari di Pulau Phi Phi, aku sekali lagi berdiri malam-malam menghadap ke pantai, ada cowok 1/2 mabuk menegur dari belakang, “Hey.. are you alone? ”. Dengan muka jutek, aku menjawab, “What do you want?!! ”. Cowok itu segera ngeloyor pergi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s